Friday, September 29, 2006
Fenomena Lemah Iman (Pendahuluan)

FENOMENA LEMAH IMAN

( Indikator , Penyebab, Penawar )

Judul Asli :

ضاهرة ضعف الايمان

Karangan :

Muhamad Sholih Munjid

Penerjemah :

Muhammad Anwar Ansori

Sesepuh Pondok Ma’rifa

Diterbitkan oleh :

Pondok Pesantren Riyadul Falah

(PONDOK MA’RIFA)

Pasanggrahan Pusparaja Cigalontang Tasikmalaya

081809409375

PENGANTAR PENERJEMAH

Segenap puji dipanjatkan kehadirat ilahi dimaqam robbani, dengan sepenuh iman dan puncak ketawaduan. Atas lautan nikmat yang terhampar tak terukur, membentang tak terhitung.

Salawat beserta salam senantiasa dipersembahkan kepada paduka yang mulia peraih puncak iman pada bukit ketaqwaan. Rasululloh sang pribadi paripurna, beserta sahabat keluarga dan orang yang senantiasa mereguk manisnya iman ditelaga hati suci tetap dalam binaan kasih sayang Alloh.

Hidup ini sepenuh pertempuran batini melawan musuh bebuyutan syaitoni, siapa yang terluka imannya patah, mengering hampir menjadi ranting, nafas taqwanya megap-megap hampir terhenti. Banyak orang yang menyadari kenyataan tersebut namun beribu orang tak merasakannya sama sekali karena ketidaktahuan yang dia alami. Dia enjoy aja dengan pengakuan iman, tanpa sadar imannya telah begitu lama melemah, buram hampir padam, tidak bersinar dan sudah itu mati. Kalau sudah begitu manusia yang mengaku beriman dan nur imannya sudah lama sirna apa bedanya dengan seorang vampir yang menakutkan, dia telah terkubur di pekuburan dunia sebelum dia wafat.

Kenyataan ini yang paling kita takutkan. Harus ada cara untuk mengidentifikasi dini tentang tanda-tanda lemah iman, menganalisa mengapa iman kita begitu ngedrop, dan akhirnya kita berusaha sekuat tenaga untuk ngecasnya lagi. Harus ada upaya untuk memulihkan luka iman yang menggangga karena serangan syaithan sang terlaknat. Tentu saja mengobati suatu penyakit atau luka, kita mesti mengenali indikasi dan penyebab luka untuk segera dicarikan obat yang tepat dan mujarab bagi luka tersebut. Kita butuh segudang informasi tentang anatomi imani untuk kita urai dan analisa agar terdeteksi dimana virus aqidah, virus maksiat, bakteri kemalasan ibadah itu bersarang . Kita butuh informasi untuk mencari tahu dari mana virus tersebut berasal, dari mana bakteri itu datang, mengapa semua itu bisa terjadi. Dan kita juga butuh berbagai strategi, teknik dan metode bagaimana memperkuat perisai iman dalam diri untuk selanujutnya melakukan serangan balasan dalam peperangan abadi melawan musuh islam, musuh Alloh dan musuh kita bersama. Buku inilah jawabannya.

Dengan buku ini kita seperti sedang bercermin menilik perilaku diri yang begitu asyik dengan kemaksiatan, kesalahan, keteledoran dan kelengahan terhadap mutiara iman yang nyaris lepas dari buhul kalbu kita. Karena berkubang dengan lumpur duniawi, terseret ketengah arus jeram syahwati yang menghanyutkan akidah dan keimanan .

Semoga saja buku ini menjadi oase dari kerontangnya keimanan, menjadi pelipur bagi lara hati yang kering dari tamasya spritual bagi siapapun dia yang mengaku mukmin, baik itu seorang santri, mahasiswa, pelajar, ekonom, para pejabat, para pemimpin formal maupun non formal, politikus, orang kaya, buruh pabrik, tukang beca dan penggarap sawah, pedagang kaki lima, ibu-ibu, orang muda, ABG ataupun nenek-nenek dan lain sebagainya .

Ketika hati setiap insan telah terobati, persoalan individu, keluarga hatta problema bangsa yang menjadi PR berlarut-larut perlahan walau lambat namun pasti teratasi karena power self setiap mukmin telah kembali pulih. Karena kuatnya sebuah negara dibentuk oleh kekuatan masyarakat, kuatnya masyarakat tercipta dari sebuah keluarga yang kuat dan akhirnya keluarga yang kuat berawal dari seorang yang mukmin yang kuat. Inilah harapan yang paling esensial dari persembahan buku kecil ini. Selamat bercermin diri, merenungi tiap langkah kaki, meniti kekuatan hati dengan kapsul buku yang sedang anda pegang. Semoga sepenuh rahmat dan hidayah Alloh senantiasa mengiringi langkah kita.

Muhammad Anwar Al-Ansyori

PENDAHULUAN

Segala puji hanya milik Alloh atas segala limpah dan karunia-Nya kami memuji dan memohon pertolongan, ampunan dan petunjuk kepada-Nya. Kami pun berlindung dari kejelekan jiwa dan buruknya aktivitas. Karena barang siapa yang mendapat petunjukNya dia tidak akan tersesat. Dan siapapun yang disesatkan Alloh dia tidak akan mendapatkan petunjuk apapun. Saya bersaksi bahwa tiada Ilah yang patut disembah selain Alloh. Dzat tunggal yang tidak ada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Alloh.

“ Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada rob kalian yang telah menciptakan kalian dari seorang diri dan dari padanya Alloh menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Alloh memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak” ( Surat Anisa ayat 1 )

Amma Ba'du

Maka sesungguhnya fenomena lemah iman merupakan realitas yang umum dan menyebar pada mayoritas umat muslimin saat ini, banyak sekali orang yang mengadukan perihal kekerasan hati sehingga terungkap dalam berbagai pembicaraan.

“ Saya merasakan betapa kerasnya hati ini “

“ Saya tidak menemukan dan merasakan lagi lezatnya ibadah saat ini “

“ Saya merasakan begitu kering kerontang iman ini, hampa tanpa makna “

Ada lagi yang mengatakan:

“ Sudah lama saya tidak membaca Al-qur’an “

“ Mengapa saya mudah sekali melakukan maksiat “

Mayoritas masyarakat terjangkit penyakit tersebut di atas. Dan penyakit inilah penyebab pokok dari setiap bencana yang terjadi.

Hati merupakan objek yang sangat penting. Hati dinamai kolbu karena cepatnya berbalik. Rasul bersabda : “ Sesungguhnya hati itu dinamai kalbu karena bolak-balik. Sesungguhnya hati ini ibarat selembar bulu yang digantungkan pada sebatang pohon kemudian diterpa angin terombang-ambing luar dan dalamnya” ( Hr. Ahmad )

Dalam riwayat lain Rasululloh bersabda : “ Hati ini ibarat selembar bulu halus ditanah lapang terkena angin berguling-guling “ ( Hr. Ibnu Abi Asim )

Begitu cepat dan drastis bolak-baliknya hati manusia hingga Rasululloh pun bersabda : “ Bolak-baliknya hati anak cucu adam lebih cepat dari takdir itu sendiri apabila berkumpul “ ( Ahmad )

Namun Allohlah yang membolak-balik hati itu dan di tangan Alloh pusat kendalinya.

Abdullah bin Amru bin Ash mendengar Rasul berabda: Sesungguhnya hati anak cucu Adam semuanya berada diantara 2 jari dari jari-jari Alloh seperti satu hati yang dikendalikan sesuai dengan kehendaknya”. Kemudian Rasululloh meneruskan sabdanya dengan seuntai do’a yang tidak asing lagi ditelinga kita :


Duhai rabku yang membolak-balik hati, tetapkan hati hamba dalam ketaatan kepadamu “

( Hr, Muslim )

Sesungguhnya Alloh SWT merubah sesorang dalam hatinya. Dan tidak akan selamat seseorang yang datang pada hari kiamat keharibaan Alloh kecuali dengan hati yang selamat. Kecelakaanlah bagi orang yang keras hatinya dari mengingat Alloh SWT. Sesungguhnya janji berupa surga bagi orang yang takut kepada Alloh dalam hal yang gaib dan datang kehadapannya dengan hati yang senantiasa kembali berkait denganNya.

Mestilah seorang mukmin merasakan dan mengidentifikasi tetapnya suatu penyakit dan penyebab rasa sakit. Dan bersegera melakukan tindakan pengobatan sebelum kronis dan akut hingga akhirnya hancur diri kita karena penyakit tersebut.

Hal yang paling dikhawatirkan adalah sesungguhnya Alloh mewanti-wanti kita dari hati yang keras, terkunci, sakit, buta, lupa, terbalik, tercetak , terstempel dan terkunci mati.

Buku ini dipersembahkan sebagai upaya untuk mengidentifikasi fenomena penyakit lemah iman lengkap dengan penyebab dan cara pengobatannya.

Hamba memohon kepada Alloh semoga amal ini, bermanfaat bagi hamba dan saudara-saudara seagama, kaum muslimin, muslimat. Serta semoga Alloh memberikan pahala yang setimpal kepada orang yang mendapat bagian dalam mengeluarkannya. Dialah dzat yang pantas dipinta pertolongan yang semoga melembutkan hati yang keras, serta memberikan petunjuk kejalan yang benar. Sesungguhnya dialah sebaik-baiknya pemberi pertolongan, cukuplah dia sebagai penanggung jawab kami.

posted by Ust. Anwar Al-Ansyori @ 8:43 AM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home
 
Waktu
Profile

Name: Ust. Anwar Al-Ansyori
Home:
About Me:
See my complete profile
Artikel Sebelumnya
Arsip Artikel
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Waktu Adzan
Links
Powered by

Isnaini Dot Com

BLOGGER